Teori 5 kebutuhan dasar Manusia

posted in: Jurnal Refleksi | 0

Assalamualaikum Wr. Wb.

Artikel atau bacaan teori kebutuhan dasar manusia ini adalah bentuk refleksi saya terhadap materi dalam Pendidikan Calon Guru Penggerak, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki suatu kebutuhan dasar yang harus terpenuhi, dan apabila kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi maka akan menyebabkan ketidakseimbangan, berikut ini 5 dasar kebutuhan manusia :

1. Kebutuhan Bertahan Hidup (Survival).

Kebutuhan ini merupakan jenis kebutuhan yang sangat mendasar sekali pada setiap manusia yang bersifat fisiologis, contoh dari kebutuhan bertahan hidup ini adalah, kebutuhan makan – minum, pakaian, tempat berlindung, kesehatan dan keamanan.

2. Kebutuhan Kasih sayang dan rasa diterima (Love and Belonging)

Kebutuhan ini juga merupakan salah satu yang termasuk kebutuhan fisiologis, yaitu seperti rasa diterima, dipedulikan kemudian berbagi, bekerja sama, dan menjadi bagian dalam suatu kelompok, dikasihi dan juga disayangi. Selain itu kebutuhan sebagai makhluk antar sosial lainnya seperti kebutuhan akan pasangan, keluarga, kelompok, rekan kerja bahkan hewan/binatang peliharaan.

3. Kebutuhan Penguasaan dan Kekuasaan (Power)

Kebutuhan kekuasaan ini yaitu berhubungan dengan kekuatan seseorang untuk mencapai sesuatu, menjadi kompeten, menjadi terampil, memimpin, berprestasi, diakui, dan juga didengar. Kebutuhan akan kekuasaan ini meliputi harga diri, keinginan untuk dianggap, dan meninggalkan pengaruh. Adapun kebutuhan ini dapat dipenuhi melalui kegiatan-kegiatan seperti: proyek, hobi, tugas sekolah yang menantang-kontekstual-relevan, belajar menjadi orang yang kuat, membuat pilihan positif, dan bekerja.

4. Kebutuhan akan Kebebasan (Freedom)

Kebutuhan kebebasan ini yaitu kebutuhan akan kebebasan menentukan arahnya sendiri secara bebas otonom dan menentukan pilihannya seperti mencoba mengeksplorasi hal-hal baru yang belum tahu.

5. Kebutuhan Kesenangan (Fun)

Kebutuhan akan kesenangan ini adalah kebutuhan untuk mencari kesenangan sebagai manusia, seperti kebutuhan akan humor, bermain, bersenang-senang, bergembira, antusiasme, dan tertawa.

Nah, itulah lima kebutuhan dasar Manusia sebagai bahan refleksi pemahaman pada materi CGP, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *